BlogHacker

Cara Menjaga Router dan WiFi Anda Aman dari Peretas/Hacker

Router Anda membantu mendistribusikan Internet ke seluruh jaringan Anda, tetapi router juga berisiko membawa lebih dari sekadar Internet ke perangkat Anda. Peretas telah menjadi cukup pintar untuk menyebarkan malware, ransomware, dan ancaman keamanan siber lainnya untuk membahayakan seluruh jaringan Anda.

Baru kemarin dilaporkan bahwa peretas telah menggunakan router yang rentan dan terbuka untuk mengarahkan pengguna ke aplikasi terkait COVID-19 yang bertujuan untuk data pribadi Anda. Sekarang, pertanyaannya adalah bagaimana seseorang bisa melindungi router mereka terhadap ancaman seperti itu? Meskipun ini mungkin tampak seperti tugas yang tidak dapat diatasi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga router dan WiFi Anda aman dari peretas.

1: Sesuaikan pengaturan router Anda

Langkah pertama yang harus Anda ambil adalah memeriksa pengaturan keamanan router Anda . Banyak pengguna akan membiarkan pengaturan default di tempatnya, tidak menyadari bahwa mereka dapat disesuaikan. Tingkat penyesuaian mereka tergantung pada router itu sendiri, tetapi semua router memiliki pertahanan.

Masuk ke pengaturan router Anda. Informasi login harus disertakan dengan router, yang biasanya melibatkan alamat IP dan kata sandi. Di sana, Anda harus mengubah informasi login untuk membuat kata sandi unik dan sulit ditebak, sehingga peretas tidak bisa begitu saja masuk ke jaringan Anda .

2: Ubah nama WiFi

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mengubah nama WiFi Anda. Pengidentifikasi set layanan ( SSID ) adalah nama default jaringan Anda. Membiarkannya apa adanya akan memudahkan orang luar untuk memindai nama jaringan Anda untuk menemukannya. Jika Anda mengubah nama, itu tidak akan mudah untuk menemukan jaringan Anda, untuk memulainya.

3: Nonaktifkan penyiaran nama jaringan

Ini harus di pengaturan router Anda. Ini adalah fitur yang digunakan oleh jaringan yang berbagi WiFi mereka, seperti kedai kopi , perpustakaan, atau hotel. Anda tidak memerlukan ini untuk jaringan rumah pribadi Anda. Mematikannya akan menghapus jaringan Anda dari daftar jaringan terbuka.

4: Nyalakan enkripsi jaringan Anda

Banyak router dilengkapi dengan pengaturan enkripsi bawaan yang biasanya dimatikan saat Anda menariknya keluar dari kotak. Lihat apakah Anda dapat menyalakannya saat Anda awalnya mengatur router Anda. Enkripsi yang tersedia harus WPA2 .

5: Lihat apakah router Anda memiliki jaringan tamu

Kami tidak bermaksud mengatakan bahwa teman – teman mungkin tidak aman dengan kata sandi Anda, tetapi jika Anda dapat memberi mereka akses ke jaringan tamu melalui router Anda, daripada jaringan Anda yang sebenarnya, Anda akan meningkatkan keamanan keseluruhan jaringan Anda.

Anda benar-benar tidak boleh secara bebas memberikan kata sandi jaringan Anda, jadi jika Anda memiliki opsi untuk memungkinkan pengunjung memanfaatkan internet Anda sambil menjaga keamanan jaringan Anda, itu adalah cara yang harus dilakukan.

6: Periksa firewall router Anda

Semua router tri-band atau router dual-band akan datang dengan beberapa jenis firewall yang sudah terpasang. Namun, itu tidak berarti bahwa firewall dinyalakan secara otomatis. Ada firewall perangkat lunak untuk melindungi jaringan Anda dari gangguan. Jika router Anda tidak memiliki firewall, Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk mendapatkan router baru atau membeli perangkat firewall terpisah untuk menjaga jaringan Anda seaman mungkin.

7: Memanfaatkan VPN

Sebuah VPN , atau virtual private network, adalah cara untuk mengenkripsi komunikasi Anda berasal dari jaringan Anda. Mereka bekerja dengan mengacak-acak komunikasi yang masuk dan keluar dari jaringan Anda sehingga tidak ada yang bisa mencegatnya dan membuatnya masuk akal. Setelah informasi sampai di komputer Anda, VPN Anda akan mendekripsi.

8: Pertahankan peranti lunak dan firmware Anda mutakhir

Produsen akan memperbarui perangkat lunak dan firmware untuk perangkat mereka dari waktu ke waktu, memperbarui informasi apa pun tentang malware atau virus baru. Ketika Anda memperbarui sistem Anda, sekarang akan dapat mencari jenis ancaman baru dan mencegahnya. Ketika ada pembaruan keamanan yang tersedia, jangan pernah menunda untuk mengunduhnya.

9: Matikan

Jika Anda akan offline untuk jangka waktu berapa pun, Anda mungkin juga mematikan Router , membuat semua orang keluar dari jaringan Anda. Ini mungkin tidak berfungsi dengan baik jika Anda memiliki banyak orang di rumah Anda.

10: Beli router baru

Akhirnya, berapa umur router Anda? Router yang lebih lama tidak akan diatur dengan semua fitur keamanan yang diberikan router baru. Dan, ada lebih banyak opsi di luar sana hari ini daripada tahun-tahun sebelumnya. Memperbarui router Anda tidak hanya akan membuat jaringan Anda lebih aman, tetapi juga dapat meningkatkan kecepatan yang dapat Anda akses.

Jika Anda cerdas dengan privasi jaringan Anda dan menjaga semuanya tetap terkini, Anda harus dapat menjaga router Anda aman.

Show More

Mumtaz Al Bantany

Mumtaz adalah pembelajar yang rajin dengan pengalaman bertahun-tahun dalam bidang Marketing dan Manajemen Bisnis. Selain menulis, Bintang suka membaca buku dan mengoleksi film.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close